Popular

Tips Memilih Modem GSM dan CDMA


Tips Memilih Modem GSM dan CDMA - Info : Kemarin di grup facebook ada yang menanyakan kepada saya kalau beli modem bagusnya apa yah? dan saya udah jawab syarat-syarat modem yang recomended tapi sepertinya masih agak bingung dan dia minta artikel untuk menambah pemahamannya jadi disini saya akan perluas lagi sedikit tentang tips memilih modem baik CDMA ataupun GSM agar mudah dicerna oleh sobat sekalian.

Menurut pengalaman saya selama ini untuk memilih modem terbaik itu harus memenuhi beberapa syarat :
  • Speed modem minimal untuk GSM up to 7.2 mbps (HSDPA) sedang modem CDMA up to 3.1 mbps (EVDO Rev. A)
    Jika sobat membeli modem GSM saya sarankan speednya jangan dibawah 7.2 mbps begitupula CDMA, kenapa? karena akan lebih bagus lagi untuk mengoptimalkan penggunaan bandwith
    Kemudian timbul lagi beberapa pertanyaan, nah bagaimana kalau modem GSM kan speed modemnya rata-rata udah pada dewa semuanya bahkan ada yang udah sampai support 42 mbps (3.9G) dan LTE?
    Kalau pertanyaan seperti itu mudah sob, sebenarnya di Indonesia max speed hanya 16 mbps, ada seh yang sampai 42 mbps tapi QOS yang diberikan oleh BTS per user max 14 mbps sampai 16 mbps saja jadi saya sangat sarankan kalau mau membeli modem janganlah terlalu kelewatan cukup membeli modem dengan speed max 28 mbps itupun menurut saya sendiri downloadnya udah super gila, tapi kalau duitnya kurang sobat bisa beli modem 7.2 mbps saja.

  • Modem berchipset Qualcomm yang support MDMA dan QXDM
    Jadi jika sobat membeli modem harus benar-benar memahami benar modem tersebut sebelum membeli, apakah dia support MDMA dan QXDM atau tidak? kalau tidak support saya sangat sarankan untuk tidak membeli modem tersebut

  • Khusus untuk modem GSM jangan pernah beli modem dengan fitur Hi-Link
    Nah kenapa saya melarang sobat membeli modem dengan fitur Hi-Link, jawabannya karena modem tersebut sangat tidak cocok untuk sobat yang suka nge phreak, dan juga dengar-dengar dari teman seh modem Hi-Link settingan DNS saja tidak ada jadi akan sangat sulit untuk di preteli didalamnya
    Kemarin saya jalan-jalan ketoko modem terdekat dan lihat modem Hi-Link, rata-rata modem Hi-Link ada tulisannya di box modemnya jadi pada saat membeli sangat disarankan teliti dulu spesifikasi modem sebelum membeli dan kalau bisa tanyakan dulu dengan salesnya agar tidak salah memilih modem

  • Jangan membeli modem dengan alasan karena harga murah dan ada paket beserta modemnya
    Nah inilah yang paling parah dari banyak konsumen yang suka terjebak dalam trik marketing dari provider-provider tertentu, apalagi di Indonesia trik seperti ini masih laku keras dan konsumen hanya tergiur dengan harga murah tapi tidak mengecek bagaimanakah kualitas modem dan performa modem, jadi saya sangat sarankan jika sobat ingin membeli modem jangan asal-asalan saja kalau bisa cek review modem tersebut dari yang sudah menggunakan modem yang sobat hunting

  • Belilah modem yang unlock
    Nah kalau menurut saya inilah syarat paling wajib yang dimiliki oleh tiap modem, apa itu unlock?? unlock artinya sobat bisa gonta ganti kartu dari ISP lain yang mendukung pada jenis jaringannya misalnya untuk GSM mendukung Indosat, Telkomsel, 3, XL dan Axis kemudian untuk CDMA mendukung Smartfren, Flexi, AHA dan lain-lain

  • Belilah modem yang tidak cepat panas
    Nah saran saya baiknya sobat membeli modem yang tidak cepat panas soalnya makin panas modem maka transfer datanya akan menurun drastis, karena konduktor yang panas itu akan menurun daya hantar listriknya.
Nah itu dia standar syarat untuk modem yang saya sarankan untuk sobat, nah untuk sobat yang maish tergolong newbie dalam hal ini mungkin bisa dipahami dibawah :
  • QOS (Quality Of Service) merupakan maksimal bandwith data yang diterima dan dikirim oleh modem , beberapa orang kadang mengandalkan APN untuk meningkatkan QOS karena dengar-dengar speed 1 BTS itu bisa mencapai 42 mbps
  • QXDM (Qulcomm eXtensible Diagnostic Monitor) adalah aplikasi untuk monitoring jaringan
  • MDMA (Mobile Data Monitoring Applicatio) adalah aplikasi yang digunakan untuk monitoring jaringan juga cuman perhitungannya gak se spesifik dengan QXDM dan bisa dikatakan MDMA digunakan untuk pengganti dasbor modem
Nah kalau dari saya sendiri seh merekomendasikan kepada sobat merk huawei karena syaratnya  yang saya sebutkan semuanya dimiliki oleh mayoritas modem huawei

Jika sobat ingin copas artikel kami harap cantumkan link sumber dan kalau bisa izin terlebih dahulu dengan admin yang bersangkutan ^_^. belajarlah saling menghargai sesama blogger!!

Popular